CW/CE Petugas saat menunjukkan stok darah

CE ONLINE – Selama kurun waktu tiga pekan terakhir, stok darah untuk golongan darah A, B dan AB di Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Rejang Lebong langka. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Relawan Komandan Sibat UDD PMI Rejang Lebong, Mardiani kepada wartawan Kamis (29/7).
“Sudah sekitar 3 pekan terakhir ini stok darah tersebut langka di UDD kita,” ungkapnya.

Dikatakan Mardiani, kelangkaan golongan darah tersebut disebabkan banyaknya permintaan pasien yang membutuhkan. Sedangkan pendonor darah untuk golongan A, B dan AB terbilang sedikit. Kemudian juga tidak hanya pasien yang dirawat di rumah sakit saja yang menerima bantuan donor darah, tetapi juga pasien umum.
“Langkanya karena memang banyak sekali ya membutuhkan. Kita tidak hanya RSUD Curup saja, klinik-klinik yang ada se Rejang Lebong juga dibawah cakupan kita. Bahkan RSUD Kepahiang pun beberapa waktu lalu pernah minta stok ke kita, dan kita berikan,” katanya.

Kendati demikian dirinya melanjutkan, dalam memenuhi kebutuhan pasien terhadap darah sampai saat ini tidak ada kendala.
“Alhamdulillah, meskipun stok kita kosong, kita tetap bisa penuhi kebutuhan pasien ya,” ujarnya.

Dirinya menjabarkan persediaan darah yang ada di UDD PMI Kabupaten Rejang Lebong hari Kamis, 29 Juli 2021. Diantaranya stok golongan darah A kosong, golongan darah B kosong, golongan darah AB hanya ada 1 kantong dan golongan darah O tersedia 3 kantong.
“Sebagai bentuk antisipasi kita dalam mengatasi hal itu, kita juga punya grub serta kontak para relawan darah yang siap kapan saja untuk mendonorkan darahnya,” tuturnya.

Sementara itu pihaknya juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk mau donor darah. Karena menurutnya ada beberapa manfaat yang akan dirasakan bagi pendonor.
“Salah satu manfaatnya setelah mendonorkan darah yaitu badan terasa lebih enak dan segar. Karena sel darah lama sudah keluar dan sel darah yang baru akan terbentuk,” pungkasnya. (CW1)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI: