Ist/CE Terlihat Wakil Bupati Lebong beserta sekda, Kapolres dan Disparpora memberikan arahan kepada paskibraka, di pendopo rumah dinas Bupati Lebong (2/8) pagi.

CE ONLINE – Menjelang hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 76 tahun 2021, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disparpora) Kabupaten Lebong, kembali berkesempatan melepaskan 5 pelajar putra dan putri asal daerah Lebong, untuk menjadi pasukan Paskibraka di tingkat provinsi Bengkulu, di Balai Raya Semarak Bengkulu, pada 17 Agustus mendatang.

Adapun ke 5 perwakilan Paskibra kabupaten Lebong, ke tingkat provinsi yaitu Irgiensyah SMA N 1 Lebong, Dedek Indrianto SMAN N 1 Lebong, Elsa Mustika SMA N 5 Lebong, Mila Karmila SMAN 3 Lebong, Suci Pratiwi SMAN 2 Lebong. Ke 5 Anggota paskibraka ini dipastikan akan menjalani masa karantina mulai 3 Agustus kedepan.

Dalam kegiatan pelepasan itu juga turut dihadiri Wakil Bupati Lebong, Sekda, Kapolres, beserta asisten I, yang secara resmi melepaskan putra dan putri asal Lebong itu menuju ke provinsi di Pendopo Rumah Dinas Bupati Lebong, pada selasa (2/8) pagi.
“Ini merupakan tanggung jawab dalam rangka mengibarkan bendera Merah Putih. Saya berharap ini akan membawa kebanggaan bagi daerah dan juga bisa memberikan motivasi kepada adik-adik kelas agar tahun berikutnya ada motivasi untuk ikut serta,” kata Wakil Bupati Lebong, saat sambutannya, di depan seluruh anggota paskibraka (2/8).

Lebih lanjut, Wabup juga meminta kepada lima pelajar ini agar tetap menjaga nama baik Kabupaten Lebong. Dimana kepercayaan terhadap lima yang terpilih mewakili Lebong sebagai Paskibra ke tingkat Provinsi ini, merupakan momentum yang sangat berharga. Pasalnya, para siswa ini akan bergabung dengan siswa-siswi terbaik dimasing-masing Kabupaten se-Provinsi Bengkulu.
“Tentu kesempatan ini sangat berharga. Manfaatkanlah kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Kalian ini nanti bertemu dengan teman-teman yang sukses mewakili daerahnya. Disini saya minta kalian agar jaga nama baik Lebong, ” harapnya.

Sementara itu, Kepala Disparpora Kabupaten Lebong, Eddy Ramlan Msi, juga menyampaikan, sebelumnya Kabupaten Lebong mengirim 6 orang perwakilan ke Provinsi Bengkulu, namun dalam seleksi hanya lima peserta saja yang dipilih oleh tim Paskibra Provinsi untuk mewakili. Lima peserta ini merupakan hasil seleksi dari seluruh SMA yang ada di Lebong.
“Ini sesuai permintaan Provinsi Bengkulu dan dilakukan seleksi dari tahap pertama hingga akhir, yang kita kirim ke Provinsi ini sebenarnya enam orang, tapi satu satu orang gugur. Mereka ini setelah dilepas Bupati akan kita berangkatkan ke Bengkulu untuk menjalani karantina,” tandasnya.

Meski demikian, lanjut dia, target untuk menjadi wakil Provinsi Bengkulu dalam seleksi anggota paskibraka di tingkat nasional belum tercapai. Menurut dia, kegagalan menembus tingkat nasional dikarenakan hanya faktor ketidakberuntungan saja.
”Semua persyaratan seperti postur tubuh, tinggi badan, kecakapan berbahasa inggris, wawasan kebangsaan, dan pengenalan budaya daerah sudah dipenuhi. Mereka hanya kurang beruntung dalam seleksi tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, untuk paskibraka di tingkat Kabupaten Lebong kata dia, sebanyak 10 orang putra-putri dari berbagai sekolah telah dinyatakan lolos. Mereka nantinya akan mengikuti pembinaan selama 14 hari oleh pelatih yang terdiri dari pihak polres dan TNI.
”Kita rencanakan pembinaan tersebut akan dilaksanakan pada hari ini sampai 17 Agustus mendatang,” tutupnya. (CE8)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI: