NICKO/CE Pemilik jasa angkutan saat memperlihatkan KIR dikendaraanya.

CURUPEKSPRESS.COM, REJANG LEBONG – Lebih kurang 5 tahun pelaksanaan uji KIR di wilayah Kabupaten Rejang Lebong tidak dijalankan dengan alasan akibat alat uji KIR yang rusak dan tidak bisa beroperasi.

Dengan kondisi itu Dinas Perhubungan (Dishub) berencana untuk kembali mengaktifkan uji KIR tersebut di wilayah Kabupaten Rejang Lebong.
Dikatakan Kepala Dishub RL, Rachman Yuzir SE, bahwa kondisi ini secara tidak langsung menyebabkan menurunnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk Kabupaten Rejang Lebong. Untuk itu dirinya berupaya membenahi kembali hal tersebut agar pelaksanaan uji KIR dapat diberlakukan kembali di Rejang Lebong.
“Memang semenjak surat edaran yang diberikan kementerian perhubungnan pada tahun 2019 lalu, alat uji KIR harus dikaliberasi terlebih dahulu. Sehingga sampai saat ini uji KIR di wilayah kita tidak aktif,” ujarnya.

Dikatakannya, sangat disayangkan jika alat uji KIR yang kita miliki rusak dan tidak bisa beroperasi. Karena anggaran PAD dari pelaksanaan uji KIR yang dilaksanakan sebelumnya cukup besar untuk wilayah Rejang Lebong.
“Seharusnya dengan adanya pelaksanaan uji KIR, tambahan PAD kita bertambah. Saya tidak tau pasti berapa nominalnya, yang jelas PAD yang diberikan dari uji KIR untuk daerah cukup besar,” ucapnya.

Hanya saja untuk mewujudkan hal itu, sambung Rachman, memerlukan waktu yang tidak sebentar dan anggaran yang besar untuk memperbaiki maupun pengadaan alat KIR. Sebagaimana dikataknnya, tahun lalu pihaknya sudah mengajukan pengadaan alat uji KIR dengan anggaran sebesar Rp 4 miliar.
“Memang sebelumnya pengadaan alat uji KIR tersebut hampir terealisasi. Akan tetapi dikarenakan beberapa alasan hingga saat ini alat uji KIR tersebut belum bisa direalisasikan,” sampainya.

Akan tetapi masih dikatakan Rachman, bahwa pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin agar di tahun ini pengadaan alat uji KIR tersebut dapat direalisasikan.
“Kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk mengusulkan pengadaan alat uji KIR ini,” singkatnya. (CE3)

Narahubung CURUP EKSPRESS DAN CURUP EKSPRESS ONLINE DISINI : +62 821-7863-9651 atau +62813-7917-7299.

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI: