Inspektur Inspektorat Kabupaten Rejang Lebong, Drs Zurkarnain Harahap S Sos MM

CURUPEKSPRESS.COM, REJANG LEBONG – Dari 122 desa di Kabupaten Rejang Lebong, saat ini sebanyak 32 desa sudah dilakukan audit gelombang pertama oleh Inspektorat Daerah. Pelaksanaan audit sudah dimulai sejak tanggal 17 Mei 2022 lalu.

Disampaikan Inspektur pada Inspektorat RL, Drs. Zulkarnain Harahap
mengatakan hasil audit untuk sementara ini nihil temuan.
“Audit ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya penyalahgunaan DD yang diterima oleh masing-masing desa baik untuk kegiatan pembangunan fisik maupun non fisik yang sudah tersusun dalam APBDes tahun 2021 lalu,” sampainya.

Zulkarnain menjelaskan, hasil dari 32 desa yang sudah diaudit tersebut saat ini tim ahli yang diturunkan sedang melakukan penyusunan laporan. Dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya kerugian negara dalam penggunaan DD, jika ada temuan dan terjadi kerugian negara mereka harus mengembalikannya.
“Sejauh ini belum ada temuan apapun, sebab pemeriksaan di lapangan baru selesai. Dan tim juga lagi proses penyusunan laporan,” katanya.

Dalam pelaksanaan audit penggunaan DD, terang Zulkarnain, pihaknya menggunakan beberapa variabel pemeriksaan, misalnya berkaitan dengan dokumen perencanaan, seperti musyawarah desa hingga terbentuknya Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).
“Variabel yang diperiksa dalam proses audit desa itu memang variabel yang krusial dalam penyaluran DD,” ucapnya.

Adapun untuk pelaksanaan dari kegiatan pembangunan yang dibiayai DD lanjutnya, akan dilihat dari penyusunan laporan pertanggungjawaban (LPJ), komunikasi perangkat desa dan kepala desa (Kades), serta LPJ yang disampaikan kepada pihak BPD.

Ditambahkannya, pada tahun 2021 lalu sebanyak 122 desa di Kabupaten RL menerima kucuran DD dari Pemerintah Pusat sebesar Rp 113 miliar. Jumlah tertinggi diterima oleh Desa Lubuk Mumpo Kecamatan Kota Padang sebesar Rp 1,56 miliar dan penerima DD terendah adalah Desa Kayu Manis Kecamatan Sindang Kelingi sebesar Rp 663,81 juta. (CE9)

Narahubung CURUP EKSPRESS DAN CURUP EKSPRESS ONLINE DISINI : +62 821-7863-9651 atau +62813-7917-7299.

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI: