DOK/CE Pelaku Begal saat Digelandang Petugas Kepolisian

CURUPEKSPRESS.COM, REJANG LEBONG – JE (35) warga Desa Lubuk Mumpo Kecamatan Kota Padang yang dikenal sebagai begal ganas, terancam bakal lama mendekam di balik sel jeruji besi. Pasalnya, pembegal pelajar dengan menggunakan senjata api (senpi) rakitan yang beraksi di Kecamatan Kota Padang tersebut dijerat dengan pasal berlapis.

Kapolres RL AKBP Tonny Kurniawan SIK melalui Kapolsek Kota Padang, Iptu M Zuhdi mengatakan bahwa terhadap pelaku, selain dijerat dengan Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan (curas), pelaku juga dijerat dengan UU Darurat nomor 12 tahun 1951 tentang kepemilikan senpi rakitan.
“Jadi tersangka ini, kami jerat dengan pasal berlapis,” ujar Kapolsek.

Untuk kasus 365 KUHP, sebut Kapolsek pelaku terancam 15 tahun penjara. Sedangkan untuk kepemilikan senpi rakitan tersebut, pelaku terancam 20 tahun penjara.
“Berapa nanti diputuskan oleh Hakim, kita lihat saja nanti,” sampainya Kapolsek.

Sementara itu, dari hasil penyelidikan yang dilakukan kata Kapolsek untuk sementara pelaku, belum ada kasus lain. Namun tidak menutup kemungkinan, ada kasus di luar wilayah hukum Polres Rejang Lebong.
“Bukan residivis, tapi kalau ada atau tidak kasus diluar wilkum Polres Rejang Lebong itu masih dalam pengembangan,” kata Kapolsek.

Di sisi lain, untuk rekan pelaku yakni YE (16) anak putus sekolah saat ini masih dalam pengejaran petugas. Mudah-mudahan cepat atau lambat, pelaku dapat segera diamankan.
“Kami juga meminta kepada YE untuk menyerahkan diri,” pungkas Kapolsek.

Sekedar mengulas, salah seorang pelajar di Kecamatan Kota Padang berinisial Me (16) menjadi korban begal usai pulang sekolah. Kejadian ini terjadi pada Kamis (23/3) lalu. Mirisnya selain kehilangan sepeda motor miliknya, korban begal ini sempat ditodong senjata api (senpi) rakitan oleh para pelaku yang belakangan dilakukan oleh Je (35) dan Ye (16). Sehingga membuat korban trauma.

Untungnya pelarian dari salah satu pelaku begal yang terkenal ganas ini, yakni Je (35) yang merupakan warga Desa Lubuk Mumpo Kecamatan Kota Padang, akhirnya terhenti. Ini setelah petugas kepolisian menghadiahi pelaku dengan timah panas oleh Buser Polsek Kota Padang. Hal ini lantaran pelaku mencoba melarikan diri saat akan dilakukan penangkapan oleh petugas. (CE5)

Narahubung CURUP EKSPRESS DAN CURUP EKSPRESS ONLINE DISINI : +62 821-7863-9651 atau +62813-7917-7299.

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI: