DOK/CE Pemakaman pasien Covid-19 dengan Prokes ketat

CE ONLINE – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Rejang Lebong, kembali mengkonfirmasi 2 pasien Covid-19 meninggal dunia (MD). Hal ini sebagaimana disampaikan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Rejang Lebong, Syamsir SKM MKM berdasarkan narasi perkembangan Covid-19, Senin (2/8).
“Ya hari ini (kemarin, red) ada tambahan 2 kasus konfirmasi meninggal dunia,” ujarnya kepada wartawan melalui keterangan tertulisnya.

Adapun 2 kasus tersebut, kata Syamsir yakni kasus 2559 warga Kecamatan Curup Tengah dan kasus 2677 warga Kecamatan Bermani Ulu. Keduanya meninggal dunia setelah sebelumnya sempat di rawat di RSUD Curup.
“Terhadap dua kasus meninggal dunia ini, dimakamkan dengan Protokol Kesehatan (Prokes) guna menghindari penularan Covid-19,” sampainya.

Sementara itu, kata Syamsir untuk perkembangan kasus konfirmasi hingga saat ini menjadi 2.843 kasus dari 6.709 sampel yang periksa. Namun ditegaskan Syamsir, 2.385 kasus diantaranya sudah dinyatakan sembuh, 55 kasus meninggal dunia. Sehingga pasien dalam pengawasan atau masih menjalani isolasi baik di RS maupun secara mandiri sebanyak 403 kasus.
“Sedangkan untuk laporan suspek atau mengarah ke Covid-19 sebanyak 636 orang. Namun sebagai antisipasi mereka melakukan isolasi mandiri,” katanya.

Di sisi lain, kata Syamsir bahwa selain memperkuat edukasi 5 M kepada masyarakat seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas, saat ini pihaknya juga memperkuat 3 T yakni Tracing, testing dan treatment.
“Tracing dilakukan di tingkat Puskesmas dibantu Bhabinkamtibmas dan Babinsa, kemudian testing atau pemeriksaan sampel yang diintensifkan di RS dan treatment,” pungkasnya. (CE5)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI: