Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Rejang Lebong, Redho

CE ONLINE – Pencairan bantuan operasional sekolah (BOS) triwulan ke II telah selesai dilakukan pada akhir Juni 2021 lalu. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Rejang Lebong, Redho kepada wartawan Senin (2/8).
“Untuk triwulan itu sudah rampung, mulai dari bulan April, Mei dan Juni,” sampainya.

Redho menjelaskan penyaluran dana BOS untuk kebutuhan satu tahun. Adapun triwulan 1 sebanyak 30 persen dari pagu masing-masing sekolah. Kemudian untuk triwulan 2 sebanyak 20 persen, triwulan 3 sebanyak 20 persen dan triwulan 4 sebanyak 30 persen.
“Jadi dalam setahun ada empat kali pencairan dana bos,” terangnya.

Dirinya melanjutkan, adapun sekolah-sekolah yang mendapat bagian dana BOS di Kabupaten Rejang Lebong untuk SD ada 189 sekolah termasuk sekolah swasta. Selanjutnya SMP sebanyak 54 sekolah juga termasuk sekolah swasta.
“SD negeri 172, swasta nya 17. Kemudian SMP negeri itu 44 dan swasta nya 10. Dari 189 SD itu ada sekitar 2 sekolah yang belum mencairkan. Yang kami ketahui mereka itu kekurangan SDM, kadang hanya ada kepala sekolahnya saja,” ujarnya.

Proses pencariannya sendiri, pihak sekolah mesti melakukan pengecekan terhadap rekening masing-masing. Untuk memastikan dana bos tersebut telah cair.
“Syarat agar sekolah bisa mencairkan triwulan 2 adalah mereka harus menayangkan secara online laporan triwulan 1 dan SPJ triwulan 1 terlebih dahulu. Kalau pun ada yang terkena pajak, bisa tunjukkan buktinya. Nah untuk pencairan berikutnya juga sama,” pungkasnya. (CW1)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI: