Beranda Berita Daerah BPBD : Waspada Pohon Tumbang

BPBD : Waspada Pohon Tumbang

24
0

CE ONLINE – Masyarakat Kabupaten Lebong, diminta untuk mewaspadai potensi pohon tumbang mengingat cuaca yang terjadi belakangan ini tidak menentu. Terbaru, Malam sebelum hari raya idul adha tepatnya Selasa dini hari, Hujan deras dengan disertai angin kencang menyebabkan pohon pinus yang berada di penghubung Jalan Lebong menuju Kabupaten Rejang Lebong tertutup sementara.

Pasalnya pohon berukuran besar persisnya di ruas jalan Desa Kota Donok Kecamatan Lebong Selatan roboh. Beruntung atas kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa.

Mengetahui informasi tersebut, personil BPBD, kepolisian-TNI dibantu warga langsung lakukan pemotongan pohon dengan mesin sinso. Sekalipun menyingkirkan dari badan jalan agar pengemudi tetap bisa melakukan perjalanan.

Proses pembersihan dipimpin langsung Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebong, Tantawi mengatakan atas kejadian tersebut tak sedikitnya para pengendara mengalami kemacetan parah akibat pohon pinus tumbang menutupi jalan.
“Robohnya batang kayu pinus tersebut sepanjang 20 m menutup total jalan lokasi Kecamatan Lebong Selatan Kabupaten Lebong, Pohon itu roboh setelah diterjang angin kencang dan menutup jalan. Arus lalu lintas sempat macet selama 30 menit,” katanya.

Atas kejadian tersebut, proses evakuasi pohon Pinus yang tumbang di tersebut, kata dia memakan waktu hingga pukul 01.30 WIB.
“kurang lebih memakan waktu setengah jam proses evakuasi nya, Sekarang sudah bisa di lewati, ” ungkapnya.

Untuk itu dirinya mengimbau kepada masyarakat dan pengguna jalan untuk ekstra berhati-hati jika terjadi hujan dengan disertai angin kencang. Karena kondisi tersebut berpotensi merobohkan pohon besar.
“Masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan dan juga berhati-hati. Karena hujan disertai angin berpotensi terjadi selama beberapa hari ke depan,” tutupnya. (CE8)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI: