Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kepahiang H. Tajri Fauzan, S.Km, M.Si

CE ONLINE – Tujuh bulan pelaksanaan pemberian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kepahiang sejak Februari lalu, capaian terget sasaran vaksinasi atau jumlah warga Kepahiang yang harus sudah menerima vaksin, masih terbilang sangat rendah.

Jika mengacu pada terget nasional untuk terbentuknya herd immunnity seharusnya warga Kepahiang yang mendapatkan vaksinasi Covid-19 minimal sebanyak 106.178 jiwa, atau 70 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Kepahiang yang jumlahnya lebih dari 151.682 jiwa– data statistik pada tahun 2019– .

Namun pada kenyataannya sampai dengan akhir Juli ini jumlah warga Kepahiang yang sudah menerima pemberian vaksinasi baru diangka 15.093 jiwa atau baru 12,78 persen saja.
“15.093 jiwa itu merupakan data warga yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis I, tapi kalau untuk yang vaksinasinya sudah lengkap atau sudah mendapatkan dosis ke 2 angkanya lebih kecil lagi baru diangka 3.473 jiwa atau baru 2,94 persen,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kepahiang H. Tajri Fauzan, S.Km, M,Si.

Jika dilihat dari data jumlah warga yang sudah menerima vaksinasi Covid-19 sambung Tajri, harapan untuk mencapai hard immunnity atau kekebalan kelompok dari paparan virus corona di Kepahiang masih jauh dari harapan.
“Kalau dari kami nya sebenarnya, tidak ada masalah, terbukti berapa jumlah vaksin yang kami terima, sejauh ini tidak ada penumpukan, seluruhnya habis terpakai sesuai dengan jumlah warga yang sudah menerima vaksin, tapi masalahnya ada pada pasokan vaksin yang kami terima jumlahnya sangat terbatas,” ujarnya.

Dari setiap vial dan dosis vaksin yang sudah diterima Pemkab Kepahiang sampai dengan saat ini tegas Tajri, masih difokuskan untuk kegiatan program seperti vaksinasi untuk SDM Nakes, petugas publik, Lansia serta untuk masyarakat rentan dan umum.
“Tentu saja harapan kami, untuk mencapai herd immunnity 70 persen dari jumlah penduduk harus sudah menerima vaksin, juga harus diimbangi dengan ketersediaan dan pasokan vaksinnya, supaya target itu cepat bisa direalisasikan dan penularan Covid-19 dapat bisa dikendalikan,” singkat Tejri. (CE7)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI: