Beranda Berita Daerah Curah Hujan Meningkat, Syafahwi: Waspada DBD

Curah Hujan Meningkat, Syafahwi: Waspada DBD

17
0

CURUPEKSPRESS.COM, REJANG LEBONG – Intensitas hujan belakangan diketahui semakin meningkat, oleh karenanya Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rejang Lebong mengimbau agar masyarakat dapat meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).
“Seperti kita tahu bahwa belakangan ini curah hujan di daerah kita semakin tinggi, artinya potensi penyakit DBD di musim dan situasi ini jadi meningkat alias tinggi,” sampai Kepala Dinkes Kabupaten Rejang Lebong, Syafahwi, SKM ketika diwawancara wartawan, Kamis (25/11) kemarin.

Dalam wawancara dirinya menjelaskan, untuk pencegahan DBD dan terbebas bisa dari penularan tidak cukup jika hanya mengandalkan imbauan pemerintah saja, namun yang terpenting adalah kesadaran langsung dari masyarakatnya. Oleh karena itu dirinya memaparkan, ada beberapa hal yang mesti dan harus dilakukan oleh masyarakat dirumah serta lingkungan sekitar tempat tinggal.

Diantaranya menyingkirkan genangan-genangan air yang ada di sekitar rumah, kemudian rutin menguras bak mandi setidaknya satu kali dalam sepekan, lalu jika kedapatan adanya barang bekas untuk segera disingkirkan dan juga menutup setiap wadah yang berisi air.
“Itulah upaya-upaya yang bisa masyarakat lakukan dirumah. Istilahnya itu 3M, artinya memang kesadaran masyarakatnya itu sendiri. Jika genangan air itu ada dan dibiarkan, maka perkembangan nyamuk Aedes Aegypti jadi meningkat dan terus berkembang. Contoh rutin menguras bak mandi, nyamuk itu setelah bertelur mereka hanya butuh waktu sepuluh hari untuk bisa terbang. Makanya pengurasan bak mandi idealnya dilakukan setiap sepekan sekali,” jelasnya.

Sementara itu Syafahwi mengatakan, kasus DBD yang terjadi di wilayah Kabupaten Rejang Lebong menurun secara drastis. Dimana tercatat kurang dari 10 kasus. Ini merupakan angka yang sangat kecil jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Yang mana biasanya berada di angka 100 hingga 200 kasus dalam setahun.
“Alhamdulillah, ini suatu hal yang patut disyukuri, dan kami pun akan terus berupaya bisa konsisten di kemudian hari,” pungkasnya. (CE9)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI: