IST/CE RIANG: Para pelajar tingkat SD mulai mengikuti pembelajaran tatap muka.

CE ONLINE – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Rejang Lebong menerima kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik tahun 2021 untuk sekolah dasar (SD) sebesar Rp 5.052.395.000 miliar. Anggaran tersebut digunakan untuk realisasi sebanyak 25 paket pembangunan.

Demikian diterangkan Kepala Disdikbud Kabupaten Rejang Lebong, Khirdes Lapendo Pasju, SSTP melalui Kabid Pembinaan SD, Deri Efendi MA, S.Pd MM kepada awak media, Selasa (14/9).
“DAK fisik untuk SD kita total jumlah pagu nya Rp 5 miliar lebih sedikit. Yang mana itu untuk pengerjaan sebanyak 25 paket, sebanyak 14 paket merupakan lelang dan 11 paket lagi Penunjukkan Langsung (PL),” terangnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, sebanyak 25 paket pembangunan tersebut antara lain untuk rehabilitasi ruang kelas dengan tingkat kerusakan sedang sampai berat ada sebanyak 4 sekolah. Diantaranya, SDN 126 Rejang Lebong, SDN 13 Rejang Lebong, SDN 15 Rejang Lebong dan SDN 109 Rejang Lebong. Kemudian untuk pembangunan toilet atau jamban ada sebanyak 6 sekolah yang mendapat bantuan.

Diantaranya SDN 96 Rejang Lebong, SDN 112 Rejang Lebong, SDN 126 Rejang Lebong, SDN 101 Rejang Lebong, SDN 44 Rejang Lebong dan SDN 22 Rejang Lebong.

Selanjutnya untuk pembangunan gedung laboratorium komputer beserta perlengkapannya, ada sebanyak 5 sekolah yang menerima bantuan. Dengan rincian, SDN 79 Rejang Lebong, SDN 44 Rejang Lebong, SDN 126 Rejang Lebong, SDN 22 Rejang Lebong dan SDN 100 Rejang Lebong. Lalu ada juga pembangunan ruang guru beserta perlengkapannya, ada 3 sekolah yang mendapat bantuan. Dengan rincian, SDN 67 Rejang Lebong, SDN 101 Rejang Lebong dan SDN 25 Rejang Lebong.

Kemudian untuk pembangunan Unit Kesehatan Sekolah (UKS) beserta perabotannya, ada sebanyak 5 sekolah yang mendapat bantuan. Dengan rincian, SDN 126 Rejang Lebong, SDN 101 Rejang Lebong, SDN 109 Rejang Lebong, SDN 25 Rejang Lebong dan SDN 100 Rejang Lebong. Lalu terakhir ada juga sekolah yang menerima bantuan berupa pembangunan gedung perpustakaan beserta perabotannya, sebanyak 2 sekolah.

Adapun sekolah tersebut yakni SDN 168 Rejang Lebong dan SDN 100 Rejang Lebong.
“Itulah seluruh jumlah 25 paket yang disebutkan di atas tadi. Jadi ada 6 ragam pembangunan, mulai dari ruang kelas belajar, toilet, laboratorium komputer, ruang guru, UKS dan juga perpustakaan,” jelasnya.

Dikatakannya, proses pembangunan sudah berjalan bahkan mungkin ada sekolah yang dalam tahap finishing. Pihaknya juga berharap proses pembangunan sesuai dengan aturan serta ketentuan yang berlaku.
“Selanjutnya juga dengan adanya pembangunan ini, pada akhirnya proses pembelajaran di sekolah meningkat, motivasi dari dewan guru, siswa, dan masyarakat sekitar dapat menggunakan fasilitas-fasilitas itu dengan baik kedepannya,” pungkasnya. (CW1)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI: