CW/CE Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rejang Lebong

CE ONLINE – Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahap III di lingkungan pendidikan Kabupaten Rejang Lebong, besar kemungkinan telah masuk ke rekening masing-masing sekolah. Dengan besaran yang dikucurkan sebesar 30 persen dari total pagu.
“Saat ini kemungkinan besar dana BOS tahap III sudah masuk ke rekening setiap sekolah, baik SD maupun SMP. Yang mana alurnya dana itu langsung dari pusat. Jadi kami sudah meminta seluruh sekolah untuk segera mengecek apakah dana tersebut sudah masuk ke rekening atau belum. Kalau sudah maka segera laporkan ke kita sesegera mungkin,” sampai Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Rejang Lebong, Redho Yusawi saat diwawancara CE, Selasa (12/10) kemarin.

Redho mengatakan, sebelum proses pencairan dana BOS dapat dilakukan akan ada Bimbingan Teknis (Bimtek) yang mesti diselenggarakan terlebih dahulu.
“Jadi pertama sekolah harus memastikan bahwa dana BOS itu sudah benar-benar masuk rekening. Kedua, adanya Bimtek untuk penggunaannya. Ketiga barulah mereka sekolah mengajukan pencairan ke Dikbud sesuai dengan yang mereka rencanakan, ada namanya Rencana Kerja Anggaran Sekolah (RKAS) untuk kebutuhan atau penggunaan selama tiga bulan kedepan,” katanya.

Menurutnya, sekolah bisa mencairkan dana BOS setelah mengusulkan pemberkasan ke Disdikbud. Setelah itu Disdikbud akan memberikan rekomendasi penggunaan dana tersebut. Adapun tugas dan fungsi pihaknya yakni memonitoring pencairan dana BOS yang dilakukan setiap sekolah.
“Tugas kami disini ya cuma memantau, memonitor pencairan dana itu saja selain mengeluarkan rekomendasi penggunaannya,” ujarnya.

Sementara itu pihaknya menambahkan, untuk dana BOS tahap II sudah seluruhnya sekolah mencairkan dan tanpa ada suatu kendala apapun. (CW1)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI: