IST/CE Terlihat petugas satgas covid 19 sedang menutup akses jalan jalur tikus

CE ONLINE – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebong, kembali menerima 175 vial vaksin atau 1.750 dosis jenis vaksin Sinovac dari Pemerintah Provinsi Bengkulu. Dimana jatah vaksin yang baru tiba tersebut, disalurkan ke 13 Puskesmas dalam Kabupaten Lebong.
“Tadi (kemarin, red) kita menerima sebanyak 175 vial vaksin atau 1.570 dosis. Jatah vaksin ini merupakan dosis kedua yang didistribusikan Pemprov Bengkulu,” ungkap Kepala Dinkes Lebong, Rachman, SKM, melakui Kasubbid Surveilans Imunisasi, Donny Novriansyah, S.Kep, MKM.

Donny menerangkan, pihaknya meminta masing-masing Puskesmas dalam Kabupaten Lebong untuk segera mengambil kebutuhan vaksin Covid-19 di Dinkes Lebong sehingga vaksinasi serentak dapat kembali dilaksanakan.
“Bagi Puskesmas yang stok vaksinnya sudah kosong saat ini sudah bisa diambil di bagian farmasi Dinkes Lebong,” ujarnya.

Lebih lanjut, Diakuinya saat ini untuk capaian vaksinasi Covid-19 sebanyak 11.653 jiwa penduduk Lebong sudah mendapatkan suntik vaksin Covid-19. Rinciannya, 2.552 jiwa atau 26,13 persen pelayanan publik, 4.405 jiwa atau 8,26 persen masyarakat umum, 3.358 jiwa atau 40,62 persen lansia, serta 1.338 jiwa atau 90,16 persen nakes. Dari realisasi capaian pelaksanaan vaksinasi ini hampir 100 persen nakes sudah disuntik vaksin.
“Saat ini hampir 100 persen seluruh nakes di Lebong sudah disuntik vaksin,” bebernya.

Lebih jauh, dijelaskannya, bagi masyarakat yang berminat untuk mendapatkan vaksin ini bisa langsung mendatangi Puskesmas diwilayahnya masing-masing. Terlebih lagi, setiap Puskesmas sudah menjadwalkan program vaksin ini untuk setiap desa dan kelurahan yang ada diwilayahnya.
“Syaratnya cukup dengan membawa KTP. Saat ini program vaksinasi masih terus berlangsung,” lanjutnya.

Disisi lain dirinya mengimbau kepada masyarakat yang sudah mendapatkan vaksin untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes). Salah satunya dengan tetap menggunakan masker saat beraktivitas diluar rumah, menjaga jarak, mencucuci tangan dengan menggunakan sabun. Langka ini sebagai salah satu upaya dalam memutuskan mata rantai penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Lebong.
“Walaupun masyarakat sudah divaksin, namun harus tetap mematuhi prokes,” demikian Donny. (CE8)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI: