ILUSTRASI/NET

CE ONLINE – Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Kepahiang mengajak melaksanakan program pemanfaatan perkarangan rumah, sehingga menjadi rumah pangan lestari bagi masyarakat. Program ini juga diperuntukkan bagi masyarakat Kepahiang dalam hal pemanfaatan perkarangan rumah.

Demikian disampaikan Kepala Dinas KPP Kepahiang Rukismanto, S.Pi. Menurutnya agar masyarakat dapat mengusahakan pekarangan secara intenshif untuk dimanfaatkan dengan berbagai sumber daya lokal. Tujuannya, untuk menjamin kesinambungan penyediaan pangan rumah tangga yang berkualitas dan beragam.
“Rumah tangga dengan prinsip pemanfaatan pekarangan rumah yang ramah lingkungan dan dirancang untuk pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi keluarga, diverifikasi pangan berbasis sumberdaya lokal, pelestarian tanaman pangan. Serta untuk peningkatan pendapatan yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelas Rukis.

Dikatakan Rukis, untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga serta masyarakat diterapkan program melalui optimalisasi pemanfataan pekarangan secara lestari. Meningkatkan kemampuan keluarga dan masyarakat dalam pemanfaatan lahan perkarangan perkotaan maupun pedesaan, untuk budidaya tanaman pangan, buah, sayuran serta obat keluarga.
“Serta dapat melakukan pengolahan limbah rumah tangga menjadi kompos dan mengembangkan sumber bibit untuk menjaga keberlanjutan pemanfaatan pekarangan dan dapat melakukan pelestarian tanaman pangan lokal untuk masa depan,” jelas Rukis.

Disisi lain, pihaknya berharap melalui program pemanfaatan pekarangan rumah dapat mengembangkan kegiatan ekonomi produktif keluarga, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga dan menciptakan Lingkungan hijau yang bersih dan sehat mandiri. (CE7)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI: