Beranda Berita Daerah DLH Usulkan Sarpras Penunjang Laboratorium

DLH Usulkan Sarpras Penunjang Laboratorium

5
0

CE ONLINE – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kepahiang membutuhkan alat, sarana dan prasarana (sarpras) penunjang laboratorium yakni untuk meningkatkan sektor perencanaan dan penyusunan kegiatan laboratorium lingkungan berdasarkan perencanaan strategis dinas. Antara lain seperti pelaksanaan sampling dan analisis air sungai, kualitas air limbah, kualitas sedimen kualitas tanah, udara ambient, kualitas udara kebauan, kualitas udara lingkungan kerja dan kebisingan.
“Dinas LH sudah ada laboratorium, hanya saja diperlukan sejumlah sarana prasarana penunjang yang telah kami usulkan ke pusat,” sampai Kadis LH Muktar Yatib, S.Pd.

Muktar menjelaskan, salah satu aspek penting yang dapat mempengaruhi efektif dan efisien pengelolaan lingkungan hidup di suatu daerah adalah tersedia laboratorium. Laboratorium lingkungan mampu menghasilkan data valid dan reliable, tidak terbantahkan serta dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah maupun hukum.
“Fungsi lab ini untuk menyediakan data kualitas lingkungan yang akurat dan valid bagi kepentingan monitoring pencemaran lingkungan di suatu wilayah. Data kualitas lingkungan juga dapat dipergunakan sebagai dasar perencanaan, evaluasi maupun pengawasan bagi pengambil keputusan, perencana, penyusun program, di tingkat daerah dalam menentukan kebijakan lingkungan hidup. Lab dilakukan untuk uji sample air maupun tanah dari pencemaran lingkungan,” jelas Muktar.

Tanpa kelengkapan laboratorium lanjut Muktar kondisi demikian mempersulit pengelolaan lingkungan hidup. Masih terbatas pada pengujian parameter-parameter kualitas lingkungan tertentu dari kualitas air permukaan dan air limbah.
“Namun laboratorium yang representatif dan memadai akan segera dimiliki jika bantuan penunjang nanti terrealisasi,” ujar Muktar. (CE7)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI: