Inspektur Inspektorat Kabupaten Rejang Lebong, Drs Zulkarnain Harapan S Sos

CURUPEKSPRESS.COM, REJANG LEBONG – Dari 32 desa di Kabupaten Rejang Lebong yang sudah melaksanakan audit APBDes pada tahap pertama sejak 17 Mei 2022 lalu. Inspektur Inspektorat RL, Drs. Zulkarnain Harahap, S.Sos MM mengatakan, hampir semua desa yang sudah melaksanakan audit tersebut belum melengkapi semua berkasnya. Seperti penyusunan laporan pertanggungjawaban (LPJ), laporan penggunaan anggaran 2021, pajak, dan juga administrasi lainnya.
“Dari hasil audit yang kami lakukan, kami menemukan masih banyak desa yang belum melengkapi pemberkasan secara administrasi. Hal itu dikarenakan sekdes pada setiap desa tersebut masih banyak yang belum paham untuk memverifikasi data,” ujarnya.

Dikatakan Inspektur, desa-desa yang belum melengkapi berkas diberikan kesempatan untuk segera melengkapi administrasi yang kurang itu selama 60 hari setelah dikembalikannya hasil pemeriksaan tersebut.
“Dengan waktu yang diberikan selama 60 hari, kami ingin semua desa yang belum melengkapi administrasi untuk segera melengkapinya,” ucapnya.

Selain masih banyak desa yang belum melengkapai administrasi, Inspektur juga mengatakan, pihaknya menemukan beberapa desa yang pelaksanaan pembangunan fisiknya tidak sesuai dengan laporan yang diberikan. Akan tetapi hal tersebut masih dalam proses penyusunan, dan belum dapat dipublikasikan desa mana saja yang ditemukan pembangunan fisiknya tidak sesuai laporan.
“Hingga saat ini kita masih melakukan proses penyusunan. Memang dilihat sekilas ada beberapa desa yang laporannya tidak sesuai dengan fakta. Akan tetapi jika memang terbukti desa tersebut melakukan kecurangan, maka sesuai dengan ketentuan, kades pada desa bersangkutan harus mengembalikan anggaran negara yang digunakan tersebut kepada khas desa,” terangnya.

Karena nya memasuki audit gelombang kedua yang akan dilaksanakan awal juni mendatang, dirinya menginginkan semua desa yang di audit sudah melengkapi administrasi dan menyelesaikan penyusunan pertanggungjawaban yang diminta.
“Kami ingin semua desa bisa mempersiapkan dan melengkapi administrasi sesuai dengan waktu yang ditentukan. Karena ini sudah menjadi ketetapan dari Pemerintah Pusat,” tukasnya. (CE3)

Narahubung CURUP EKSPRESS DAN CURUP EKSPRESS ONLINE DISINI : +62 821-7863-9651 atau +62813-7917-7299.

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI: