IST/CE Pelaku yang diduga kabur dari Lapas Anak

CURUPEKSPRESS.COM, LEBONG – Satu pelaku narapidana atas kasus pemerkosaan dan pencurian kendaraan bermotor (Curanmor), diduga melarikan diri dari Lembaga pemasyarakatan (Lapas) kelas II Malabero rumah tahanan (rutan) anak Bengkulu.

Pasalnya pelarian pelaku tersebut dikabarkan saat ini berada di wilayah Lebong Atas Kabupaten Lebong. Bahkan kepolisian Polres Lebong, kini tengah siaga mempersiapkan sejumlah personil dan menyusuri pelosok yang di duga tempat pelariannya tersebut.

Kapolres Lebong, AKBP Ichsan Nur, S.IK dikonfirmasi kemarin membenarkan adanya narapidana yang terbelit dua kasus berbeda, melarikan diri dari Lapas khusus anak Bengkulu. Ia menyampaikan, pelarian napi tersebut besar kemungkinan masuk ke wilayah tugas. Selain memang TKP atas kasus itu berada di Kabupaten Lebong, muncul informasi dari akun lini masa milik salah satu warga yang mengaku melihat keberadaan napi tersebut. Pascamenerima informasi itu, ia mengintruksikan kepada bawahan khususnya Polsek Lebong Atas untuk melakukan penyisiran.
“Hingga sore hari ini (kemarin, red), kami masih berupaya melakukan pengejaran,” kata Kapolres.

Lebih jauh, Kapolres menuturkan, “predator” anak tersebut sudah satu tahun terakhir mendekam di hotel prodeo Lapas anak Bengkulu. Sebenarnya terdakwa masih dikategorikan di bawah umur. Lantaran vonis hakim atas dua kasus berbeda yang diesekusi oleh terdakwa cukup memberatkan. Sehingga terdakwa harus mempertanggungjawabkan perbuatannya hingga beberapa tahun kedepan.
“Pihak pengadilan menjatuhkan vonis 7 Tahun penjara dan baru satu tahun terdakwa ini menjalani masa hukuman. TKP nya di Kabupaten Lebong. Tanpa diduga, terdakwa berhasil melarikan diri dari rutan anak,” ujarnya.

Ditambahkannya, selain menyisiri lokasi yang berpotensi tempat pelarian napi tersebut. Pihaknya mengimbau agar masyarakat untuk proaktif jika mengetahui keberadaan napi itu. Selain itu, lanjut Kapolres, masyarakat khususnya warga Lebong Atas diimbau untuk mengintensifkan kewaspadaan.
“Kita imbau ke masyarakat, jika melihat atau mengetahui keberadaan napi itu, segera laporkan ke petugas. Yang jelas kami akan semaksimal mungkin melakukan pengejaran dan semoga segera membuahkan hasil,” demikian Kapolres. (CE8)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI: