Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) Lebong, Heldi Parindo, SE

CURUPEKSPRESS.COM, LEBONG – Pelaksanaan Musim Tanam 2 atau MT2 diwilayah Kabupaten Lebong sudah memasuki segment ketiga, yang saat ini sudah mulai pengolahan lahan dan penyemaian bibit untuk melakukan turun tanam kedua tahun 2022.

Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) Lebong, Heldi Parindo, SE menjelaskan untuk MT2 segment pertama tersebut dilaksanakan pada bulan Maret lalu di Desa Tabeak Dipoa Kecamatan Lebong Sakti, yang mana pelaksanaanya dilakukan pada waktu yang tepat, tanpa adanya serangan hama.

Hal itu dibuktikan dengan hasil panen yang sudah dilaksanakan dengan persentase mencapai 50 persen. Kemudian segment kedua penanama di bulan April di Desa Tabeak Dipoa, Limaufit, Magelang Kecamatan Lebong Sakti dan Tangua Kecamatan Uram Jaya.
“MT2 pada segment kedua kita membutuhkan perjuangan yang berat untuk bisa mencapai keberhasilan. Sebab untuk di Desa Limaupit dan Magelang sudah terdapat serangan hama tikus dengan skala besar, bahkan dengan luas lahan kurang lebih 1,5 hektar rusak berat diserang hama tikus dalam satu hari, ” jelasnya.

Heldi tak menampik pelaksanaan MT2 pada segment kedua sedikit mengalami kegagalan. Karena dari hasil kajian pihaknya, populasi perkembangan hama tikus itu puncaknya menyerang tanaman padi di bulan Juni. Puncak perkembangan populasi hama tikus dibulan ini juga akan menjadi cacatan pihaknya sebagai evaluasi pelaksanaan MT2 ditahun berikutnya.
“Sedangkan di segment ketiga, saat ini sudah memasuki pengolahan lahan dan penyemaian bibit. Yang tidak menutup kemungkinan dalam waktu dekat sudah tuntas dilakukan penanaman, ” terangnya.

Ditambahkannya, jika di segment ketiga pihaknya akan terus melakukan pemantauan serta memberikan pendampingan terhadap para petani yang melaksanakan MT2.

Tujuannya untuk mengetahui perkembangan hama tikus apakah masih tetap terjadi lonjakan serangan hama atau tidak.
“Sejauh ini serangan hama tikus baru terjadi di Desa Limaupit dan Magelang. Mudah-mudahan serangan hama tikus ini hanya terjadi di segment kedua, sehingga di segment ketiga bisa melakukan panen dengan hasil maksimal, ” pungkasnya. (CE8).

Narahubung CURUP EKSPRESS DAN CURUP EKSPRESS ONLINE DISINI : +62 821-7863-9651 atau +62813-7917-7299.

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI: