M. Budianto, ST MM

CE ONLINE – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rejang Lebong, meminta kepada seluruh masyarakat untuk waspada terhadap cuaca ekstrem yang bisa saja terjadi. Khususnya curah hujan yang tinggi. Oleh karenanya, BPBD menghimbau masyarakat yang tinggal di sekitar aliran sungai agar waspada potensi banjir dan tanah longsor.
“Seperti kita tahu bahwa, sekitar sepuluh hari belakangan intensitas hujan di daerah kita cukup tinggi. Dimana setiap hari selalu hujan. Nah, dengan sebab itu kami BPBD menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya yang berada dan bertempat tinggal di pesisir sungai dan siring besar agar lebih waspada. Bukan tidak mungkin terjadi bencana alam yang tidak diinginkan,” ungkap Kepala BPBD Kabupaten Rejang Lebong, M. Budianto ketika dikonfirmasi CE, Selasa (14/9) kemarin.

Dirinya melanjutkan, selain bencana banjir dan tanah longsor bisa juga hujan disertai dengan angin kencang. Yang mana hal itu bisa menyebabkan pohon tumbang dan dapat merusak atas bangunan.
“Ini juga penting, bagi warga yang di sekitaran rumahnya ada pohon apalagi pohon besar bisa segera melakukan evaluasi atau ngungsi, apabila terjadi hujan disertai badai. Sebagai bentuk antisipasinya, warga bisa merapikan dengan memangkas dahan-dahan atau menebang pohon yang memang sudah besar dan tinggi,” paparnya.

Sebagai penutup Budi kembali menambahkan, diingatkan juga kepada masyarakat yang tinggal di wilayah lereng bukit agar memperhatikan aspek lingkungan sekitar bangunan tempat tinggal. (CW1)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI: