ILUSTRASI/NET

CURUPEKSPRESS.COM, REJANG LEBONG – Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau plat nomor kendaraan akan berubah dari sebelumnya warna dasar hitam menjadi warna dasar putih. Hanya saja pemberlakuannya masih menunggu peresmian dari Korlantas Polri.

Kapolres Rejang Lebong AKBP. Tonny Kurniawan, SIK melalui
Kasat Lantas Rejang Lebong, AKP Radian Andy Pratomo SIK didampingi Kanit Regident, Ipda. M. Dodi M, SH, menegaskan sebelum adanya petunjuk lebih lanjut dari Korlantas Polri, pengunaan plat nomor kendaraan yang tidaksesuai dengan aturan akan diberikan penindakan sesuai dengan aturan yang berlaku.
“Bakal ada kebijakan perubahan warna plat kendaraan dari warna dasar hitam menjadi warna dasar putih, namun saat ini belum diresmikan oleh Korlantas RI sehingga saat ini belum adanya pemberlakuan itu,” ujar Dodi.

Sambung Kanit, sebelum penerapan kebijakan itu, juga akan ada sosialisasi ke masyarakat. Sambungnya pengunaan plat nomor kendaraan berwanah dasar putih dengan tujuan untuk memudahkan E-tilang jika terjadi pelanggaran lalu lintas.

Lebih lanjut disampaikannya, penggunaan plat nomor kendaran berwarna putih akan dilakukan secara bertahap, terutama pada kendaraan baru, sedangkan untuk kendaraan lama akan diganti jika masa 5 tahun telah selesai.

Dodi menghimbau kepada masyarakat RL untuk tetap menggunakan plat hitam, karena penggunaan plat putih saat ini akan ditindak sanksi tilang,
“Untuk masyarakat tetap gunakan plat nomor yang lama, bagi masyarakat yang telah menggunakan plat nomor warna putih akan kami berikan sanksi tilang, sebelum duberlakukannya ketentuan itu,” tegasnya. (CW3)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI: