DOK/CE Kuburan manusia Pra Sejarah Yang Ditemukan di Desa Suro Muncar

CE ONLINE – Jika tidak ada aral melintang pagi ini Selasa (3/8) peneliti dari Balai Archaeology Palembang akan menggelar eskpos terhadap penemuan Situs Suro Muncar Kecamatan Ujan Mas Kepahiang. Dikatakan koordinator Tim Kristinina Indri Astuti dari Balai Archaeology Palembang, Ekspos akan mengungkap sejarah dari penemuan dan hasil penelitian terhadap benda benda pra sejarah yang ditemukan.
“Sejauh ini belum ada benda benda lain yang kita temukan, masih seperti awal yang kami duga ini situs Suro Muncar ini merupakan situs kuburan manusia pra sejarah 600 sampai 10.00 tahun lalu disaat manusia belum mengenal agama,” ungkap Kristin.

Benda-benda yang telah berhasil ditemukan dilokasi itu sambungnya, berupa priuk, priuk berhias, belicung batu Kampak batu persegi, serta pramen pramen tulang manusia, kendi, dan posil gigi gajah.
“Dari benda-benda yang kami temukan menguatkan jika situs ini merupakan situs kuburan manusia,” tegasnya.

Untuk lebih memastikan hasil temuan itu tambah Kristin, hari ini pihaknya akan mengakhiri penelitian dan pembongkaran lokasi situs, dan melakukan ekspos terhadap hasil penelitian yang dilaksanakan balai Archaeology Pelembang yang dibantu akademisi dari Dosen Udayana Bali, dan Dosen Unja Jambi.
“Besok (hari ini, red) kita ekspos hasil penelitian ini ke Pemkab Kepahiang, Nanti akan kami sampaikan semua benda-benda apa saja yang kita temukan dan apa hasil dari penelitian yang sudah kami lakukan,” singkatnya.

Sekedar mengulas warga Desa Suro Muncar Kecamatan Ujan Mas, beberapa hari ini mendadak ramai dengan informasi penemuan barang barang purbakalah itu, penemuan ini pertama kali diketahui Ramli (67) pemilik lahan yang kala itu tengah melakukan pencetakan sawah baru dilahan miliknya, saat itu Ramli menemukan benda-benda berupa Posil gigi gajah, cangkir dan tempayan. Penemuan ini langsung dilaporkan Ramli pada Balai Archaeology Palembang, yang saat ini tengah melakukan penelitian di lokasi temuan itu. (CE7)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI: