CW/CE Sosialisasi HIV/AID yang dilaksanakan di Puskemas Curup

CURUPEKSPRESS.COM, LEBONG – Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) RL memperketat pengawasan pada penderita human immunodeficiency virus (HIV) acquired immunodeficiency syndrome (AIDS). Tujuannya disampaikan Kepala Seksi P2P Dinkes RL, Titin Julita, SKM selain mencegah bahaya penularan juga bertujuan untuk suplay ketersediaan obat-obatan pada penderita B.12.

Hal ini disampaikan Titin pada kegiatan sosialisasi pengawasan HIV/AIDS yang dilaksanakan Dinkes Rl di Puskesmas Curup Senin (20/6) kemarin.
“Pengawasan itu penting dilakukan, bukan saja untuk pencegahan penularan pada masyarakat yang lain, tapi juga diperlukan sebagai upaya kami (Dinkes) dalam menjamin terpenuhinya kebutuhan obat-obatan pada penderita,” ucapnya.

Dalam melakukan pengawasan dan suplay obat-obatan pada penderita. Tambah Titin, pihaknya selalu menjaga privasi penderita. Karenanya sambung Titin, tidak semua faskes diberikan wewenang melakukan penanganan dan pengawasan pada penderita HIV/AIDS.
“Untuk sejauh ini obat-obatan yang kita berikan gratis, pasien bisa megambil langsung ke RSUD Curup atau ke Puskesmas Curup, sebagai faskes yang diberikan wewenang untuk penanganan penderita HIV/AIDS,” sebutnya.

Dengan hanya dua feskes yang bisa menangani penderita HIV/AIDS, diharapkan Titin, juga akan dapat menjaga privasi penderita penyakit yang hingga saat ini belum ditemukan obatnya tersebut.

Disinggung berapa jumlah penderita HIV/AIDS hingga saat ini ? Titin belum bersedia untuk menyebutkan angka pastinya. Hal ini diakui Titin jika data penderita tersimpan di Dinkes RL.
“Total keseluruhannhya saya lupa. Tapi untuk tahun ini saja, hasil pemeriksaan kami sudah ada ditemukan sebanyak 15 penderita baru,” singkatnya.

Sementara itu diakui Kepala Puskesmas Curup, Fera Damayanti, SST, jika sampai dengan saat ini pihaknya menanganai ada beberapa pasien HIV/AIDS, baik yang rutin malakukan pemeriksaan rawat jalan.
“Ada beberapa pasien yang rutin melakukan rawat jalan, sehingga kami sangat menjaga keamanan privasi pasien dengan memberikan fasilitas yang memadai,” ucap Fera.

Tambah Kapus, untuk pasien atau masyarakat yang sudah memiliki gejala HIV untuk dapat melakukan pemeriksaan, karena pelayanan keehatan sangan menghargai keamanan privasi bagi setiap pasien.
“Harapannya bagi yang merasa sudah tertular atau sekedar mau melakukan pemeriksaan HIV segera datang ke pelayanan puskesmas Curup, karena kami mengusahaan kenyamanan dan keamanan privasi pasien,” pungkasnya. (CW3)

Narahubung CURUP EKSPRESS DAN CURUP EKSPRESS ONLINE DISINI : +62 821-7863-9651 atau +62813-7917-7299.

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI: