Beranda Berita Daerah Polisi Dorong Restorative Justice

Polisi Dorong Restorative Justice

92
0

CE ONLINE – Kapolres Rejang Lebong, AKBP Puji Prayitno SIK MH mengatakan pihaknya akan mengedepankan restorative justice dalam penanganan permasalahan di masyarakat. Hal ini guna menghindari proses yang berujung pada pemidanaan.
“Jadi sebelum kasus dinaikkan ke Polres. Kita bersama Kejaksaan ada yang namanya restorasi justice. Artinya menyelesaikan hukum diluar pengadilan,” sampai Kapolres kepada wartawan, Jumat (23/7).

Kapolres menyebut, bahwa dalam penegakan hukum pihaknya bersama Kejari juga membuat grup WhatsApp (WA) guna memudahkan jalannya koordinasi dan konsolidasi soal penegakan hukum.
“Nah dalam pelaksanaannya, kita juga melibatkan Bhabinkamtibmas yang ada di Polsek-Polsek. Dimana persoalan tersebut, diselesaikan di tingkat Desa dan Kelurahan dulu. Artinya masih ada cara-cara lain yang harus ditempuh sebelum masalah tersebut dibawa ke Pengadilan,” sampainya.

Lanjut Kapolres, bahwa penyelesaian masalah dengan Restorasi Justice seperti kasus kesalahpahaman, perkelahian, pencurian kecil yang sifatnya bisa diselesaikan di tingkat desa, dengan melibatkan tokoh masyarakat dan agama melalui upaya pendekatan dan perdamaian antara korban serta pelakunya.
“Dengan restorasi justice ini dapat membantu penyelesaian kasus-kasus ringan yang terjadi di dalam masyarakat,” katanya.

Namun ditegaskan Bupati, atas setiap pengaduan ke polisi, pihaknya tentu akan bersikap profesional.
“Ada tahapan-tahapan penyelidikan terlebih dahulu yang harus dilalui apakah suatu perkara ada unsur pidananya atau tidak,” pungkasnya. (CE5)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI: