Beranda Berita Daerah Salurkan BLT DD Hingga Tahap 5, Syarat Ajukan DD Tahap II

Salurkan BLT DD Hingga Tahap 5, Syarat Ajukan DD Tahap II

11
0

CE ONLINE – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDSos) Kabupaten Lebong, mewajibkan setiap desa yang berada di wilayah Lebong, untuk menyalurkan BLT DD hingga tahap ke 5. Dimana hal tersebut, menjadi syarat Desa untuk mengajukan DD tahap II.

Hal ini sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMD-Sos), Reko Haryanto, S.Sos, M.Si, melalui Kepala Bidang PMD, Eko Budi Santoso, SP., M.Eng.
“Itu sesuai dengan PMK Nomor 69/PMK.07/2021 tentang perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 222/PMK.07 /2020, tentang pengelolaan dana desa,” katanya.

Sementara itu, kata Eko, untuk di Kabupaten Lebong hingga saat ini belum ada satu pun Pemdes yang melampaui penyaluran BLT DD tahap II, mirisnya lagi masih ada juga yang belum menyalurkan sama sekali.
“Data terhimpun, dari 93 desa yang ada di Kabupaten Lebong, belum satu pun desa yang berhasil menyerap anggaran DD tahap II tahun anggaran 2021, Itu juga menjadi salah satu penyebab lambannya pergerakan penyerapan anggaran DD tahun anggaran 2021,” kata Eko.

Lebih lanjut, dirinya menyebutkan cepat atau lambatnya serapan anggaran tergantung dari kesiapan pemerintah desa itu sendiri. Apabila pihak desa cepat melengkapi persyaratan dan segera menyampaikan pengajuan tentu akan segera diproses.
“Tapi selama ini ada saja kendala yang dialami oleh pihak desa terkait persyaratan kelengkapan untuk pencairan DD, seperti, lambatnya pengesahan APBDes, lambatnya laporan realisasi, bahkan ada pula terkait tunggakan pajak yang tak kunjung dibayar, intinya kita menunggu pihak desa dalam kesiapannya, jika semua kelengkapan sudah siap segera sampaikan ke kami pasti akan segera kami proses,” tutupnya. (CE8)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI: