Kabag Administrasi Pembangunan Setda Lebong, Deri Gustian, ST

CE ONLINE– Angka penyerapan APBD Kabupaten Lebong baru mencapai 44,48 persen. Atau sekitar Rp 305,1 miliar dari total APBD tahun anggaran 2021 lebih kurang sebesar Rp 686 miliar hingga 6 September kemarin.

Kabag Administrasi Pembangunan Setda Lebong, Deri Gustian, ST menyampaikan bahwa Angka tersebut didapatkan dari hasil rekap SP2D dengan menghitung devisasi atau selisih antara Rencana Anggaran KAS OPD dengan realisasi keuangan yang sudah dicairkan.
“Meskipun tutup buku tahun anggaran 2021 hanya menyisakan lebih kurang 3 bulan kedepan, angka penyerapan tersebut dinilai telah sesuai dengan target penyerapan anggaran pada Tahun 2021 ini,” katanya.

Menurutnya, ada kemungkinan beberapa pekerjaan pembangunan fisik yang progresnya sudah melebihi realisasi namun anggaran kegiatan tersebut belum dicairkan. Sehingga, angka serapan anggaran ini terbilang masih cukup rendah.
“Kita selalu melakukan update realisasi serapan anggaran ini per hari, untuk kemudian direkap per bulan. Sehingga, pengawasan terhadap realisasi penyerapan anggaran maupun pelaksanaan kegiatan pembangunan ini bisa dilakukan lebih maksimal,” terangnya.

Ditambahkannya, dari hasil rapat pimpinan (Rapim) Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA) semester pertama yang dilaksanakan 9 Agustus 2021 lalu, hanya 7 OPD mendapatkan rapor biru, 12 OPD rapor hijau, 8 OPD rapor kuning sedangakan ada 11 OPD mendapatakan rapor merah diantaranya Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPR-Hub), Dinas Perlindungan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB), RSUD, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDSos), Disperindagkop UKM, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Sekretariat DPRD, Bappeda, Badan Keuangan Daerah (BKD) dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM).
“Mudah-mudahan di sisa waktu yang ada, serapan anggaran ini bisa mencapai target yang sudah ditetapkan,” tutupnya. (CE8)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI: