Dok/CE Longsor Desa Air Lanang yang sudah memakan tembok gedung PAUD

CURUPEKSPRESS.COM, REJANG LEBONG – Seiring berjalannya waktu, peristiwa longsor yang terjadi di Dusun II Desa Air Lanang Kecamatan Curup Selatan beberapa waktu lalu semakin parah. Dimana tidak hanya bangunan PAUD saja yang sudang mengantung diatas longsoran tebing setinggi 20 meter, 5 rumah warga lainnya juga terancam ikut terjun bersama longsoran tersebut.

BACA JUGA:
PAUD Sudah Menggantung!

Sebagaimana yang disampaikan oleh Randi (35) yang merupakan warga setempat mengaku sangat khawatir lantaran rumah miliknya adalah yang terdekat dari bibir longsor.
“Jurang itu sekarang hanya berjarak sekitar 5 meter lagi dari dapur rumah saya,” ungkapnya.

Lanjut Randi, dirinya benar-benar berharap ada perhatian serta kepedulian khusus baik dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong ataupun Pemerintah Desa (Pemdes) setempat terhadap rumahnya.
“Kami warga kecil hanya bisa berharap dan berdoa agar bencana alam yang terjadi di sini bisa segera teratasi,” ucapnya.

Masih dikatakannya, terdengar kabar bahwa gedung PAUD akan dipindahkan ke lokasi lain dan didanai oleh pemerintah. Lalu bagaimana dengan rumah milik mereka yang apabila longsor dibiarkan sewaktu-waktu juga akan mengancam keberadaan rumah mereka, jatuh ke jurang dengan kedalaman 20 meter tersebut.
“Kalau PAUD ada jaminannya, sedangkan kami warga kecil bagaimana. Karena kami yakin tanah di belakang rumah ini akan terus-menerus jatuh terseret longsor,” katanya.

Senada dengan yang disampaikan oleh IN juga warga setempat mengatakan, kejadian bencana alam memang tidak pernah bisa diprediksi kapan datangnya. Namun untuk kasus yang saat ini terjadi, bisa terbaca bahwa dalam waktu beberapa bulan ke depan, lahan disekitar area longsor berpotensi habis menjadi jurang.
“Ini percaya atau tidak percaya, tapi nilah situasi dan kondisi yang ada,” singkatnya.

Terlepas dari itu, para warga setempat hanya memohon bantuan yang nyata atas apa yang terjadi di desa tersebut. (CE9)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI: